PROFIL
PROGRAM STUDI
TADRIS BAHASA INGGRIS
Program studi S1 Tadris Bahasa Inggris (TBIG) mulai di buka pada tahun akademik 2017/2018.Program studi ini dibuka berdasarkan tingginya kebutuhan masyarakat akan tenaga pengajar Bahasa Inggris di lembaga PAUD, MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA. Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang handal, maka dipersiapkan para dosen yang ahli dibidangnya,dengan pengalaman yang cukup memadai baik dalam negeri maupun luar negeri, serta berpendidikan S.2 dan S.3. Para mahasiswa dibekali dengan berbagai ilmu kependidikan dan pengembangan Bahasa Inggris baik teori maupun praktik, serta fasilitas sarana prasarana yang memadai seperti kelas dengan multi media, perpustakaan, laboratorium komputer dan laboratorium bahasa.
Pada tahun 2019 jurusan Tadris Bahasa Inggris telah melaksanakan akreditasi dengan hasil terakreditasi B dengan nilai 304 sesuai dengan keputusan BAN-PT No 2632/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019
- Profil Program Studi
- Nama Program Studi :Tadris Bahasa Inggris (TBIG)
- Nomor SK Pendirian : 3902 Tahun 2016
- Pejabat Penandatangan SK : Dirjen DIKTI Departemen Agama RI
- Nilai Akreditasi : B dengan skor 304
- Nomor SK Akreditasi : 2632/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019
- Visi Program Studi : Menjadi program studi yang berkualifikasi unggul dalam Pendidikan Bahasa Inggris untuk pendidikan dasar dan menengah dengan mengedepankan integrasi ilmu, amal, dan akhlak untuk mewujudkan generasi yang berwawasan ke-Indonesiaan di tingkatnasionalpadatahun 203
- Misi Program Studi : Menyelenggarakan program studi Bahasa Inggris yang berkualitas unggul melalui kurikulum yang responsif dan inovatif untuk menjawab tuntutan dunia kerja bidang pendidikan dan non-kependidikan.
- Mengembangkan program penelitian dan kegiatan ilmiah dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris bagi kepentingan ke-Indonesiaan dan kemanusiaan.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan Bahasa Inggris yang mengedepankan wawasan ke-Indonesiaan.
- Tujuan Program Studi : Tercetaknya sarjana pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kecerdasan spiritual serta menguasai kompetensi pedagogis, profesional, kepribadian, dan sosial.
- Berkembangnya penelitian dan publikasi di bidang pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris.
- Meningkatnya peran serta dan pengabdian Prodi Tadris Bahasa Inggris di masyarakat.
- Kompetensi Utama Lulusan : Pendidik yang bertugas sebagai guru Bahasa Inggris di lembaga PAUD, MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya dan berkemampuan dalam melaksanakan tugas serta bertanggung jawab berlandaskan etika keislaman, keilmuan dan profesi.
- Kompetensi Pendukung Lulusan : Konsultan pendidikan dan bahasa di lembaga PAUD, MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA
- Peneliti bidang pendidikan dan bahasa
- Penulisbidang pendidikan dan bahasa
- Enterpreneur di bidang pendidikan dan bahasa
- Trainer bidang pendidikan dan bahasa
- Kompetensi lainnya : Translator / Interpreter
- Tour Guide
- Gelar Akademis : S.Pd.
- Kerangka Dasar Pengembangan Program Studi
- Isu-isu Global : Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN memerlukan penyiapan SDM (guru pendidikanBahasa Inggris) yang berdaya saing di tingkat ASEAN.
- Isu-isu Nasional : Pemberlakuan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia pada sistem pendidikan dan pelatihan di Indonesia.
- Semua guru minimal harus berpendidikan S.1 tak terkecuali guru-guru pendidikan Bahasa Inggris.
- Isu-isu Lokal : Masih rendahnya kualitas guru Bahasa Inggrisyang berkompeten sehingga outputnya kurang berkualitas dan berdaya saing.
- Banyaknyapengajar Bahasa Inggris di lembaga PAUD, MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA yang tidak linear.
- Isu-isu Jangka Panjang : Semakin pesatnya perkembangan IPTEKS yang menuntut SDM (guru Bahasa Inggris) yang berkualitas agar mampu bersaing di tingkat global.
- Isu-isu Jangka Menengah : Perlunya integrasi keilmuan antara Bahasa Inggris dengan isu-isu yang bermuatan Islamic Studies yang pada akhirnya dapat memberikan distingsi keilmuan dengan pendidikan Bahasa Inggris di beberapa kampus lain di Indonesia
- Isu-isu Jangka Pendek : Kurangnya kualitas tenaga pendidikan Bahasa Inggris yang profesional.
- Kurangnya pengembangan kerja sama dengan lembaga pemerintah maupun nonpemerintah.
- Daftar Mata Kuliah Program Studi Tadris Bahasa Inggris
- Mata Kuliah Kompetensi Utama
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1. |
IN 101 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
3 |
2. |
IN 102 |
Bahasa Indonesia |
2 |
3. |
IN 103 |
Bahasa Inggris |
2 |
4. |
IN 105 |
Filsafat Umum |
2 |
5. |
IN 106 |
Ilmu Kalam |
2 |
6. |
IN 107 |
Fiqh Ibadah |
2 |
7. |
IN 110 |
Ulumul Qur’an |
2 |
8. |
IN 111 |
Ulumul Hadis |
2 |
9. |
IN 113 |
Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) |
0 |
10. |
IN 114 |
Praktikum Ibadah |
0 |
11. |
IN 115 |
Praktikum Tilawah |
0 |
12. |
IN 116 |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) |
4 |
13. |
TIK 201 |
Ilmu Pendidikan |
2 |
14. |
TIK 202 |
Metodologi Penelitian |
2 |
15. |
TIK 203 |
Strategi Belajar Mengajar |
2 |
16. |
TIK 205 |
Psikologi Pendidikan |
3 |
17. |
TIK 208 |
Teknologi Pendidikan |
2 |
18. |
TIK 209 |
Statistik Pendidikan |
2 |
19. |
TIK 210 |
Mikroteaching |
2 |
20. |
TIK 211 |
Praktik Mengajar |
4 |
21. |
BIG 101 |
Intensive-Conversational Listening |
2 |
22. |
BIG 102 |
English Speaking for Survival |
2 |
23. |
BIG 103 |
Intensive Reading |
2 |
24. |
BIG 104 |
English Paragraph Writing |
2 |
25. |
BIG 105 |
Introduction to English Grammar |
2 |
26. |
BIG 106 |
Extensive Listening |
2 |
27. |
BIG 107 |
Public Speaking |
2 |
28. |
BIG 108 |
Extensive Reading |
2 |
29. |
BIG 109 |
English Essay Writing |
2 |
30. |
BIG 110 |
Grammar in Spoken Text |
2 |
31. |
BIG 111 |
Logic and Critical Thinking |
2 |
32. |
BIG 112 |
Word Englishes Pronunciation |
2 |
33. |
BIG 113 |
Academic Speaking |
3 |
34. |
BIG 114 |
Corpus in Language Teaching |
2 |
35. |
BIG 115 |
Teacher Professional Development |
2 |
36. |
BIG 116 |
Introduction to Educational Linguistics |
2 |
37. |
BIG 117 |
Social Psychology and Language Use |
2 |
38. |
BIG 118 |
Theories of Language Development |
2 |
39. |
BIG 119 |
Spoken and Written English Vocabulary: Theory and Practice in Education |
2 |
40. |
BIG 120 |
Multimodal Listening and Speaking: Theory and Practice |
2 |
41. |
BIG 121 |
Multimodal Readingand Writing: Theory and Practice |
2 |
42. |
BIG 122 |
English for Specific Purposes Design |
2 |
43. |
BIG 123 |
Language Classroom Management |
2 |
44. |
BIG 124 |
Language Curriculum Design |
2 |
45. |
BIG 125 |
Teaching English to Teenagers |
2 |
46. |
BIG 126 |
Teaching English to Young Learners |
2 |
47. |
BIG 127 |
Language Assessment |
2 |
48. |
BIG 128 |
Academic Reading and Writing |
2 |
49. |
BIG 129 |
Research in English Language Education |
2 |
50. |
BIG 130 |
Intercultural Communication |
2 |
51. |
BIG 131 |
Final Project |
6 |
JUMLAH SKS |
107 |
- Kompetensi Pendukung
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1. |
IN 104 |
Ilmu Tasawuf |
2 |
2. |
IN 108 |
Sejarah Peradaban Islam |
2 |
3. |
IN 109 |
Bahasa Arab |
3 |
4. |
IN 112 |
Metodologi Studi Islam |
3 |
5. |
IN 117 |
Kewirausahaan |
2 |
6. |
TIK 200 |
Bahasa Arab Ketarbiyahan |
3 |
7. |
TIK 204 |
Pengantar Psikologi |
2 |
8. |
TIK 213 |
Kuliah Kerja Lapangan Ketarbiyahan |
0 |
9. |
BIG 201 |
Intensive English Course I |
0 |
10. |
BIG 202 |
Intensive English Course II |
0 |
11. |
BIG 203 |
Grammar in Written Text |
2 |
12. |
BIG 204 |
Introduction to English Literature in Language Education |
2 |
13. |
BIG 205 |
Critical Reading |
2 |
14. |
BIG 206 |
Second Language Acquisition |
2 |
15. |
BIG 207 |
Language in Society |
2 |
16. |
BIG 208 |
Pragmatics in Language Education |
2 |
JUMLAH SKS |
29 |
- Mata Kuliah Kompetensi Lainnya (Mata Kuliah Pilihan)
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1. |
BIG 301 |
Genre-Based Writing: Creative Writing* |
2 |
2. |
BIG 302 |
Poetry and Short Stories in Language Education* |
2 |
3. |
BIG 303 |
Technology Enhanced Language Learning* |
2 |
4. |
BIG 304 |
Translation: Theory and Practices |
2 |
5. |
BIG 305 |
Professional Speaking* |
2 |
6. |
BIG 306 |
English Debate and Critical Thinking* |
2 |
7. |
BIG 307 |
Discourse Analysis for Language Teachers* |
2 |
8. |
BIG 308 |
Drama in Language Education* |
2 |
9. |
BIG 309 |
Systemic Functional Linguistics* |
2 |
JUMLAH SKS |
10 |
||
TOTAL SKS |
146 |
Keterangan:
Mahasiswa wajib mengambil Mata Kuliah Pilihan sebanyak10SKS.
- Kode Mata Kuliah per Komponen
KODE |
JENIS MATA KULIAH |
IN |
IAIN |
TIK |
FTIK |
BIG |
Tadris Bahasa Inggris |
- Distribusi Mata Kuliah Program Studi Tadris Bahasa Inggris per Semester
- Semester 1
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
1. |
IN 101 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
3 |
2. |
IN 109 |
Bahasa Arab |
3 |
3. |
IN 110 |
Ulumul Quran |
2 |
4. |
IN 111 |
Ulumul Hadis |
2 |
5. |
IN 113 |
Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) |
0 |
6. |
TIK 204 |
Pengantar Psikologi |
2 |
7. |
BIG 101 |
Intensive-Conversational Listening |
2 |
8. |
BIG 102 |
English Speaking for Survival |
2 |
9. |
BIG 103 |
Intensive Reading |
2 |
10. |
BIG 104 |
English Paragraph Writing |
2 |
11. |
BIG 105 |
Introduction to English Grammar |
2 |
12. |
BIG 201 |
Intensive English Course I |
0 |
Jumlah SKS |
22 |
- Semester 2
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
1. |
IN 102 |
Bahasa Indonesia |
2 |
2. |
IN 103 |
Bahasa Inggris |
2 |
3. |
TIK 200 |
Bahasa Arab Ketarbiyahan |
3 |
4. |
TIK 205 |
Psikologi Pendidikan |
3 |
5. |
BIG 106 |
Extensive Listening |
2 |
6. |
BIG 107 |
Public Speaking |
2 |
7. |
BIG 108 |
Extensive Reading |
2 |
8. |
BIG 109 |
English Essay Writing |
2 |
9. |
BIG 110 |
Grammar in Spoken Text |
2 |
10. |
BIG 111 |
Logic and Critical Thinking |
2 |
11. |
BIG 202 |
Intensive English Course II |
0 |
Jumlah SKS |
22 |
- Semester 3
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
1. |
IN 104 |
Ilmu Tasawuf |
2 |
2. |
IN 105 |
Filsafat Umum |
2 |
3. |
IN 106 |
Ilmu Kalam |
2 |
4. |
IN 107 |
Fiqh Ibadah |
2 |
5. |
IN 112 |
Metodologi Studi Islam |
3 |
6. |
BIG 112 |
Word Englishes Pronunciation |
2 |
7. |
BIG 113 |
Academic Speaking |
3 |
8. |
BIG 114 |
Corpus in Language Teaching |
2 |
9. |
BIG 203 |
Grammar in Written Text |
2 |
10. |
BIG 204 |
Introduction to English Literature in Language Education |
2 |
Jumlah SKS |
22 |
- Semester 4
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
1. |
IN 117 |
Kewirausahaan |
2 |
2. |
IN 114 |
Praktikum Ibadah |
0 |
3. |
IN 115 |
Praktikum Tilawah |
0 |
4. |
TIK 201 |
Ilmu Pendidikan |
2 |
5. |
TIK 208 |
Teknologi Pendidikan |
2 |
6. |
BIG 115 |
Teacher Professional Development |
2 |
7. |
BIG 116 |
Introduction to Educational Linguistics |
2 |
8. |
BIG 117 |
Social Psychology and Language Use |
2 |
9. |
BIG 118 |
Theories of Language Development |
2 |
10. |
BIG 205 |
Critical Reading |
2 |
11. |
BIG 206 |
Second Language Acquisition |
2 |
12. |
BIG 301 |
Genre-Based Writing: Creative Writing* |
2 |
13. |
BIG 302 |
Poetry and Short Stories in Language Education* |
2 |
14. |
BIG 308 |
Drama in Language Education* |
2 |
Jumlah SKS |
24 |
- Semester 5
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
1. |
TIK 203 |
Strategi Belajar Mengajar |
2 |
2. |
TIK 213 |
KKL Ketarbiyahan |
0 |
3. |
BIG 119 |
Spoken and Written English Vocabulary: Theory and Practice in Education |
2 |
4. |
BIG 120 |
Multimodal Listening and Speaking: Theory and Practice |
2 |
5. |
BIG 121 |
Multimodal Readingand Writing: Theory and Practice |
2 |
6. |
BIG 122 |
English for Specific Purposes Design |
2 |
7. |
BIG 123 |
Language Classroom Management |
2 |
8. |
BIG 124 |
Language Curriculum Design |
2 |
9. |
BIG 125 |
Teaching English to Teenagers |
2 |
10. |
BIG 126 |
Teaching English to Young Learners |
2 |
11. |
BIG 127 |
Language Assessment |
2 |
12. |
BIG 303 |
Technology Enhanced Language Learning* |
2 |
13. |
BIG 307 |
Discourse Analysis for Language Teachers* |
2 |
14. |
BIG 309 |
Systemic Functional Linguistics* |
2 |
Jumlah SKS |
22 |
- Semester 6
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
1. |
IN 108 |
Sejarah Peradaban Islam |
2 |
2. |
TIK 202 |
Metode Penelitian |
2 |
3. |
TIK 209 |
Statistik Pendidikan |
2 |
4. |
TIK 210 |
Microteaching |
2 |
5. |
BIG 128 |
Academic Reading and Writing |
2 |
6. |
BIG 129 |
Research in English Language Education |
2 |
7. |
BIG 130 |
Intercultural Communication |
2 |
8. |
BIG 207 |
Language in Society |
2 |
9. |
BIG 208 |
Pragmatics in Language Education |
2 |
10. |
BIG 304 |
Translation: Theory and Practices |
2 |
11. |
BIG 305 |
Professional Speaking* |
2 |
12. |
BIG 306 |
English Debate and Critical Thinking* |
2 |
Jumlah SKS |
22 |
- Semester 7
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
1 |
IN 116 |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) |
4 |
2 |
TIK 211 |
Praktik Mengajar |
4 |
Jumlah SKS |
8 |
- Semester 8
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
1 |
BIG 131 |
Final Project |
6 |
Jumlah SKS |
6 |
- Daftar Mata Kuliah Pra Syarat dan Ko Syarat Program Studi Tadris Bahasa Inggris
NO |
MATA KULIAH PRA SYARAT |
MATA KULIAH KO SYARAT |
1. |
Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) |
Praktikum Ibadah, Praktikum Tilawah |
2. |
Bahasa Arab |
Bahasa Arab Ketarbiyahan |
3. |
Ilmu Pendidikan |
Strategi Belajar Mengajar, Teknologi Pendidikan, Microteaching, Praktik Mengajar |
4. |
Pengantar Psikologi |
Psikologi Pendidikan |
5. |
Teknologi Pendidikan |
Microteaching, Praktik Mengajar |
6. |
Strategi Belajar Mengajar |
Microteaching, Praktik Mengajar |
7. |
Metode Penelitian |
Research in English Language Education, Final Project |
8. |
Intensive-Conversational Listening |
Extensive Listening, Multimodal Listening and Speaking: Theory and Practice |
9. |
English Speaking for Survival |
Public Speaking, Academic Speaking Multimodal Listening and Speaking: Theory and Practice |
10. |
Intensive Reading |
Extensive Reading, Critical Reading, Multimodal Reading and Writing: Theory and Practice, Academic Reading and Writing |
11. |
English Paragraph Writing |
English Essay Writing, Multimodal Reading and Writing: Theory and Practice, Academic Reading and Writing Genre-Based Writing: Creative Writing |
12. |
Introduction to English Grammar |
Grammar in Spoken Text, Grammar in Written Text |
13. |
Corpus in Language Teaching |
Spoken and Written English Vocabulary: Theory and Practice in Education |
14. |
Introduction to English Literature in Language Education |
Poetry and Short Stories in Language Education, Drama in Language Education |
15. |
Introduction to Educational Linguistics |
Language in Society, Pragmatics in Language Education, Systemic Functional Linguistics |
16. |
Logic and Critical Thinking |
Critical Reading, English Debate and Critical Thinking |
17. |
Second Language Acquisition |
Intercultural Communication |
18. |
Theories of Language Development |
Spoken and Written English Vocabulary: Theory and Practice in Education, Multimodal Listening and Speaking: Theory and Practice, Multimodal Reading and Writing: Theory and Practice, English for Specific Purposes Design, Teaching English to Teenagers, Teaching English to Young Learners Microteaching Praktik Mengajar |
19. |
Teacher Professional Development |
Spoken and Written English Vocabulary: Theory and Practice in Education, Multimodal Listening and Speaking: Theory and Practice, Multimodal Reading and Writing: Theory and Practice, English for Specific Purposes Design, Teaching English to Teenagers, Teaching English to Young Learners, Microteaching, Praktik Mengajar |
20. |
Language Classroom Management |
Microteaching, Praktik Mengajar |
21. |
Language Cuuriculum Design |
Microteaching, Praktik Mengajar |
22. |
Language Assessment |
Microteaching, Praktik Mengajar |
23. |
Research in English Language Education |
Final Project |
24. |
Microteaching |
Praktik Mengajar |
- Struktur Mata Kuliah per Komponen
NO |
KODE |
JENIS MATA KULIAH |
JUMLAH SKS |
1 |
IN |
IAIN |
33 |
2 |
TIK |
FTIK |
24 |
3 |
BIG |
Tadris Bahasa Inggris |
89 |
TOTAL SKS |
146 |